You are here

Hut BRT Transmusi ke 6

PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), pada tanggal 22 Februari 2016, melaunching 50 unit bus Transmusi bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, bertempat di taman bawah Jembatan Ampera. Secara simbolis, tiga bus akan langsung dioperasionalkan. Dikemudikan dua driver laki-laki dan satunya lagi driver perempuan.

Direktur Utama PT. SP2J, Ahmad Nopan SH MH, mengatakan, launching ke-50 unit bus Transmusi ini sengaja dilakukan berbarengan dengan memperingati HUT ke-6 Transmusi. Meski bus-bus itu sudah tiba di Palembang akhir Januari lalu.

“Seluruh karyawan diundang termasuk Wali Kota dan masing-masing SKPD(satuan kerja perangkat daerah) di lingkungan Pemkot Palembang,” ujarnya. Di luar itu, diundang juga perwakilan dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Direktur Multimoda, Pemprov Sumsel, dan lainnya. “Bapak Wali Kota Palembang yang bakal meresmikan secara langsung,” tambahnya.

Selain acara launching 50 unit bus Transmusi bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, juga dilakukan MoU antara SP2J dan Bank SumSel Babel (BSB) terkait pemberlakuan BSB Cash Bank SumSel BaBel pada Bus Transmusi.  

Lebih lanjut dikatakan Novan ke-50 bus baru ini akan dioperasionalkan untuk trayek keluar kota terutama Unsri Inderalaya dan Tanjung Senai Inderalaya. Selain itu, juga bakal mengadakan lagi rute Palembang- Banyuasin yang dulunya sempat terhenti. Tak hanya rute tersebut, juga bakal menghidupkan kembali rute Ampera-Kenten Laut dan arah Kenten Laut yang selama ini lewat dari Kusuma Bangsa nantina akan ditambah lagi dengan trayek dari arah Giant (Jl MP Mangku-negara) sehingga semakin banya penumpang dan mengurangi penumpukan kendaraan. “Karena mobil yang selama ini operasional di Inderalaya bakal masuk kota,” tambahnya.

Direktur Operasional PT. SP2J, Anthony Rais, menambahkan 50 bus bantuan yang di-launching semuanya dioeparaisonalkan diluar kota. Masing-masing 40 bus untuk trayek Bukit-Kampus Unsri Inderalaya, 5 bus ke Tanjung Senai OI dan 5 bus sisanya akan bakal beroperasional ke Betung, Banyuasin.  Jurusan Palembang – Betung selama ini sudah ada namun sempat vakum. “kita hidupkan lagi trayek yang sudah ada,” katanya.

Ke-50 bus yang baru datang, merupakan bus BRT merek HINO dengan kapasitas tempat duduk 30 seat lengkap dengan AC dan kipas angin. Semuanya berwarna biru. Untuk persiapan Asian Games dan kelengkapan lainnya.

Lanjut Antoni, tahun 2016 ini juga nantinya Transmusi bakal bakal mendapat 50-100 bus lagi dari Kemenhub,  dari dana APBN 2016. Terlepas dari itu, untuk bus kota lama di yang biasa difungsikan ke Kampus Unsri Inderalaya dan Tanjung Senai, bakal difungsikan sebagai tambahan bus didalm kota yang bakal dibagi kebberapa trayek yang ada. “Yang jelas, bakal tetap difungsikan,” sambungnya.

Sebelumnya, tambah Antoni, Minggu (21/2) malam, pihaknya ,menggelar Yasinan Hut ke-6 Transmusi, berikut tausiyah oleh Ustaz Fadollih. Sekaligus memberikan hadiah undiang kepada pemenang undian tiket penumpang, yang telah diundi Jum’at (19/2),.

Copyright 2012 PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya [PT.SP2J]