You are here

Teknologi Smart Card Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi

Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan (BSTP) Kementrerian Perhubungan Republik Indonesia, DR. Elly Adriani Sinaga mengatakan Kota Palembang merupakan kota pertama di Indonesia yang menggunakan Smart Card untuk melakukan transaksi pembayaran transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi. Hal tersebut disampaikan dalam acara Grand Launching Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi  yang dilakukan di Palembang beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 21 Mei 2012.

Bapak Ir. H. Eddy Santana Putra, MT merupakan Walikota dengan beragam inovasi yang dilakukannya untuk selalu meningkatkan kesejahteraan sekitar 1,5 juta masyarakat Kota Palembang, khususnya pelayanan bidang transportasi  dengan mencanangkan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi untuk pertama kalinya pada 22 Februari 2010, dan hingga saat ini Kota Palembang telah memiliki 120 unit armada bus.

Dalam perkembangan selajutnya PT. Sarana Pembanguna Palembang Jaya yang merupakan BUMD milik Pemerintah Kota Palembang yang ditunjuk khusus untuk mengoperasikan Bus rapid Transit (BRT) Trans Musi terus melakukan terobosan-terobosan untuk mengembangkan transportasi massal tersebut, diantaranya dengan mengembangkan Smart Card. Direktur Operasional  PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya, Yusransyah Ishak dalam  suatu perbincangan mengatakan dengan menggunakan Smart Card tersebut maka tidak akan terjadi transaksi tunai antara penumpang dengan petugas didalam bus, dengan demikian maka kebocoran tiket akan dapat diatasi. Selain itu Yusransyah menambahkan dengan menggunakan Smart Card akan diperoleh efisiensi dan kemudahan bagi para pelanggan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi dalam melakukan perjalanan.

kategori: 

Copyright 2012 PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya [PT.SP2J]