You are here

BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS MUSI

Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi

Dasar Hukum

PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya Berdasarkan surat Wali Kota Palembang tanggal 22 Oktober 2009 No.551-2/002394 /Dishub ditunjuk untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi Palembang baik pengadaan APBD tahun 2009 maupun bantuan Kementerian Perhubungan, dibawah Pengawasan Dinas Perhubungan Kota Palembang (UPTD Angkutan Massal).

Tujuan

Tujuan dikembangkannya Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi adalah untuk meningkatkan pelayanan transportasi yang baik kepada masyarakat dengan menciptakan suatu sistem angkutan umum yang efisien, berkualitas, dan berkelanjutan, sehingga dapat mendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, nyaman, cepat, lancar serta dapat diandalkan.

Standar Pelayanan Minimal

  • Bus Beroperasi tiap hari Pk.06.00 – 22.00 Wib —
  • Jumlah Penumpang maksimum tiap Bus :
    1. Bus Besar  : duduk 33 orang berdiri 15 orang
    2. Bus Sedang  : duduk 23 orang berdiri 10 orang
  • —Kecepatan Bus  : 20-40 km/jam —
  • Headway  : 5 – 10 Menit
  • —Bus berhenti tiap halte  : 0,5 – 1 menit —
  • Awak bus tidak makan didalam bus, tidak aktifkan handphone didalam bus —
  • Bebas asap rokok
  • —AC dalam Bus  : 23 – 25 °C
  • —Audio System   : maksimal level 4 dari 10 level —
  • Tarif Penumpang Rp. 4.000,- (dalam kota), Rp. 7.000,- (luar kota) —
  • Tarif termasuk transit antar trayek

Sistem Tiket

Saat ini operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi masih menggunakan dua sistem pembayaran melalui tiket manual dan Smard Card, Dalam pengembangan selanjutnya sistem pembayaran Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi akan menggunakan Smart Card. Dengan menggunakan sistem ini tidak akan terjadi transaksi uang antara penumpang dengan awak bus tetapi penumpang dapat melakukan isi ulang Smart Card yang mereka miliki pada tempat-tempat yang telah ditentukan.

Sistem Pembayaran Melalui SmardCard

General Positioning System (GPS) Tracking

  • Mengetahui Posisi/ keberadaan Bus
  • Dapat mengatur head way masing-masing bus
  • Dapat mengatur jarak antar bus dan mengatur pada saat-saat mana saja diperlukan tambahan unit bus dan saat kapan unit bus harus dikurangi
  • Menciptakan effisiensi karena pengaturan bus dapat dilakukan dari kantor pusat

Data Operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi

Copyright 2012 PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya [PT.SP2J]